Optimasi website dengan CDN cloudflare

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang optimasi website dengan CDN cloudflare.Ada banyak manfaat dengan penggunaan CDN cloudflare ini diantaranya mempercepat load,menambah fitur keamanan,menghemat bandwidth dll.

CDN atau content delivery network secara gampangnya bisa diartikan dengan menempatkan file terutama yang statis seperti gambar pada server terdekat dengan visitor,sebagai contoh jika visitor dari amerika maka akan diambilkan file pada server di amerika dan jika visitor dari asia juga akan diambilkan file yang dari asia. cloudflare.com sendiri memiliki banyak node  server yang tersebar diseluruh dunia sehingga membuat website anda cepat diakses dari manapun.

Dengan memasang cloudflare juga akan secara drastis menghemat pemakaian badwidth anda karena dengan memakai CDN maka file statis anda seperti gambar,css dll akan diambikan dari CDN server terdekat seperti yang saya sampaikan sebelumnya dan bukan dari hosting anda sehingga otomatis mengurangi beban bandwidth dan juga load server hosting anda.

Selain itu cloudflare juga mampu memberika fitur keamanan seperti memblok IP,bot,spam yang dicurigai membahayakan atau bahkan anda bisa memblok negara tertentu dari mengunjungi website anda.Serta kita juga bisa memblok IP,atau range IP tertentu.Untuk settingan keamanan ini anda bisa lakukan di dashborad cloudflare.com yang menurut saya cukup lengkap.

Untuk pemakaiannya kita bisa langsung daftar di cloudflare.com atau melaluimenu di cPanel.Untuk aktivasi kali ini saya akan memberikan tutorial yang aktivasinya melalui menu di cpanel.

cloudflare

1.Buka cpanel anda dan cari menu cloudflare dan masuk kemudian daftar dengan memasukkan nama email anda.

1

2.Setelah terdaftar nanti akan ada daftar website anda dan untuk mengaktifkan pada website yang anda inginkan adalah silahkan klik pada gambar awan yang awalnya berwarna kehitaman yang bertanda belum aktif akan berubah menjadi orange yang artinya cloudflare sudah aktif pada website tersebut.

 2

3.Sampai disini pada dasarnya sudah selesai,namun jika anda ingin mengatur settingan cloudflare lebih jauh termasuk,optimasi,cdn,security,threat dll anda silahkan masuk ke dashbord di cloudflare.com dengan menggunakan email anda ketika daftar di cpanel tadi.

5

 

Ingat bahwa pada cpanel hanya bisa mengaktifkan cpanel dan settingan lanjutan ada pada dashboard di cloudflare.com.

 3

Related Posts:

7 Comments

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.