Masa propagasi domain-mengapa belum bisa di akses?

Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan dan komplain tentang masa propagasi domain dan mengapa websitenya belum bisa diakses setelah mengganti nameserver (NS) atau DNS. Masa propagasi (Propagation Period) adalah waktu yang dibutuhkan domain untuk tersambung ke server/hoting yang baru.download

Sebagai contoh anda mempunyai domain CONTOH.COM dan sebelumnya anda pakai domain tersebut pada hosting lain (misal hosting A)  dan nameserver di arahkan ke hosting A tersebut. Karena suatu hal anda memindahkan hosting anda di Hosting B dan anda sudah mengarahkan nameserver domain anda ke Hosting B, namun kok belum bisa di akses atau domain tersebut masih menampilkan tampilan di hosting A. Inilah yang disebut masa propagasi dimana hal tersebut merupakan kelemahan dimana sistem DNS internet yang tidak terpusat sehingga membutuhkan waktu bagi seluruh  dns server internet untuk memahami pergantian tersebut.

Pada dasarnya ketika anda mengganti nameserver domain anda, maka domain tersebut langsung terpointing ke hosting baru, namun karena sistem DNS internet anda belum mengetahui/update perubahan DNS tersebut maka seolah-olah domain masih mengarah ke hosting yang lama. Apalagi jika anda sudah mengaksesnya ketika domain tersebut nameservernya sebelum dipindahkan, maka otomatis browser anda/komputer atau ISP anda masih menyimpan cache DNS yang mengarah ke hosting lama. Sehingga ketika anda mengarahkan nameserver ke hosting baru, cache DNS tersebut masih mengarahkan domain tersebut ke hosting lama.

Lama massa propagasi adalah antara 3 menit sampai 72jam tergantung ISP anda. Anda tidak perlu  khawatir akan hal tersebut krena hal itu adalah wajar dan normal didalam DNS. Anda bisa mengecek apakah domain anda sudah mengarah atau belum memakai ISP lain atau perangkat lain seperti melalui smartphone, tablet atau komputer lain. Dan jika masih belum bisa membukanya silahkan buka memakai web proxy seperti http://hidemyass.com/ . Dengan web proxy seperti hidemyass, perubahan nameserver akan langsung terlihat karena web proxy menggunakan koneksi internet yang DNSnya selalu update dan berkecepatan tinggi.

Berikut beberapa cara untuk mempercepat masa propagasi pada domain anda:

1.clear cache browser anda

2.flush DNS dengan cara (windows) masuk ke start-run-CMD dan ketikkan

ipconfig /flushdns

kemudian tekan enter

3.Ganti DNS internet anda menjadi DNS google 8.8.8.8. dan 8.8.4.4

4.Restart modem/router internet anda

5.restart komputer

Related Posts:

  • No Related Posts

4 Comments

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.