Cara menggunakan SMTP sebagai pengirim email pada wordpress

Secara default wordpress menggunakan phpmail sebagai pengirim email namun penggunaan phpmail sangat rawan dengan masalah penyalahgunaan terutama pada akun hosting yang di hack dan memanfaatkan phpmail ini untuk spamming atau jika website wordpress terkena comment spam yang jumlahnya sangat banyak otomatis wordpress akan melakukan pengiriman notifikasi melalui email yang sangat banyak pula dan hal itu dapat membuat IP hosting terblacklist karena dianggap spamming.

Untuk menanggulangi hal itu sebagian besar provider web hosting mendisable phpmail secara default dan baru enable jika ada permintaan pengguna hosting, atau bahkan mendisable phpmail secara penuh dan meminta pada pengguna hosting untuk memakai SMTP mail daripada phpmail. Penggunaan SMTP sendiri sangat direkomendasikan dan mempunyai banyak keunggulan daripada phpmail diantaranya seringnya phpmail dianggap spam, kecepatan, banyak fitur, bagus untuk kirim email dalam jumlah banyak dll.

Untuk menggunakan SMTP pada wordpress caranya adalah sebagai berikut:

  • Install plugin SMTP yaitu WP mail SMTP dan aktifkan
  • Masuk menu setting – Email untuk setting SMTP
  • Dalam setting SMTP yang paling penting adalah pada Mailer : Pilih Send all WordPress emails via SMTP
  • Dalam mengisi SMTP Host, SMTP Port, Encryption, Authentication (pilih yess), username-password adalah mengikuti detil informasi dari server SMTP. Sebagai contoh saya memakai sendgrid dan pemakaiannya seperti pada gambar:

smtp wordpress

 

Untuk mencobanya silahkan melakukan send test email apakah setting yang anda lakukan sudah berhasil apa belum.

Pilihan SMTP Server

Untuk SMTP server anda dapat memakai SMTP server pihak ketiga seperti sendgrid, smtp2go, mailgun, pepipost, elasticemail, mailjet dll untuk ulasan artikel tentang SMTP gratis silahkan mengunjungi halaman berikut. Pemakaian SMTP server pihakketiga direkomendasikan jika digunakan untuk mengirim email dalam jumlah banyak.

Jika anda ingin memakai SMTP server melalui email hosting caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke cpanel dan menuju menu email account dan pilih salah satu email yang ingin anda gunakan serta klik pada setup mail client (Buat email terlebih dahulu jika anda belum mempunyai email)
    smtp wordpress
  2.  Pada manual setting akan menampilkan informasi SMTP server dari email anda dan pengisiannya adalah mengikuti informasi tersebut dimana username dan password adalah  alamat email anda dan password email anda.

 

 

Related Posts:

  • No Related Posts

2 Comments

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.