Mengapa memasang plugin statistik wordpress harus dihindari?

Plugin statistik wordpress merupakan plugin untuk menghitung dan mencatat semua pengunjung ke website kita termasuk mencatat segala suatu aktifitas pengunjung tersebut termasuk: IP, asal negara, ISP, hostname, asal pengunjung, lama pengunjungi, halaman yang dibuka, browser yang dipakai dll. Memasang plugin statistik untuk website wordpress kita merupakan suatu yang dilematis dan malah bersifat parasit karena semakin besar traffict website kita maka plugin statistik tersebut akan menghabiskan resource server kita bahkan juga membuat database kita menjadi besar.

Jika pengunjung yang datang cuma sedikit mungkin plugin statistik tidak menimbulkan masalah, namun jika pengunjungnya banyak (misal pengunjung 1000 secara bersamaan) maka plugin statistik ini akan menghabiskan resource terutama CPU dan IO database karena akan mencatat terus menerus aktifitas pengunjung tersebut sampai mereka keluar dari halaman website. Tentu penggunaan resource yang tinggi ini dapat mengakibatkan akun hosting anda disuspend dari shared hosting. Dari pengalaman monitoring server, website yang menggunakan plugin statistik akan identik dengan penggunaan read/write database IO yang tinggi karena terus menerus melakukan read/write data pengunjung. Selain itu plugin statistik akan membuat database menjadi besar karena digunakan untuk mencatat data pengunjung.

Statistik pengunjung adalah suatu yang sangat penting, namun mencatatnya dengan script internal yang ada didalam website tersebut (termasuk plugin) adalah pilihan yang salah. Solusinya adalah kita menggunakan layanan eksternal untuk mencatat pengunjung kita, contoh yang mayoritas dipakai adalah Google Analytics dan Histats, getclicky.com, whoamoung. Selain layanan tersebut, masih banyak layanan lain untuk menghitung statistik pengunjung namun google Analytics adalah layanan yang kami recomendasikan dan juga sangat direcomendasikan oleh google.

Dengan memakai layanan statistik eksternal kita tak perlu lagi khawatir resource hosting kita habis oleh plugin statistik karena enginenya diluar website kita
serta tidak membuat database wordpress kita bengkak karena data pengunjung tersimpan pada server layanan statistik eksternal tersebut.

Pada dasarnya seluruh plugin statistik pengunjung adalah menghabiskan resource, berikut contohnya:

  • StatPress
  • wp-stats
  • Advanced Blog Metrics
  • WP Power Stats
  • statcounter
  • Visitors Traffic Real Time Statistics
  • Slim Stat Analytics
  • dll

Related Posts:

  • No Related Posts

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.