Membuat email webmail di cPanel

Berikut ini adalah tutorial cara Membuat email webmail di cPanel, pada dasarnya cara membuatnya cukup sederhana dan sangat mudah, namun masih saja ada beberapa orang yang bingung. Jika anda juga masih belum mengerti berikut tutorialnya.

  1. Silahkan login ke cpanel anda dan pilih email accounts seperti yang terdapat pada gambar.
    email webmail
  2. Dalam menu email account anda akan di hadapkan isian email baru yang akan anda buat, silahkan masukkan alamat email yang akan dibuat dan memilih email tersebut akan dibuat pada domain apa (hanya jika anda mempunyai beberapa domain). Pada step ini anda juga harus mengisi password dan kuota email anda, jika sudah klik create account
    email-webmail-2
  3. Sampai disini pembuatan email sudah selesai dan email sudah bisa digunakan, untuk mengaksesnya anda harus membuka alamat domainanda.com:2095 dan anda diarahkan ke webmail dimana disana ada beberapa setting yang bisa anda gunakan seperti pada gambar. Untuk membuka email ada3 macam mailbox yaitu horder, roundcube, squirrelmail. Secara pribadi saya menyarankan rouncube.
  4. Gambar berikut adalah tampilan halaman email roundcube anda dimana ada folder inbox, sent, trash dll. Untuk menulis email anda harus mengklik compose.
    email-webmail-4
  5. Langkah kelima ini adalah langkah Optional dimana hanya untuk mempermudah saja untuk langsung mengakses email anda tanpa perlu lagi dihadapkan pilihan seperti Langkah No.3 . Dimana ada shortcut langsung menuju mailbox horder, roundcube, squirrelmail tanpa perlu memasuki halaman langkah No.3.
    Berikut shortcut menuju email box langsung:
    http://domainanda.com:2095/3rdparty/roundcube/index.php
    http://domainanda.com:2095/horde/login.php
    http://domainanda.com:2095/3rdparty/squirrelmail/src/login.php
  6. Tentu saja cukup merepotkan jika harus mengetik shortcut yang panjang tersebut pada browser, sehingga kita akan membuat semacam redirect ke shortcut tersebut. Sebagai contoh pada tutorial ini saya akan membuat shortcut langsung ke email box roundcube. Untuk melakukannya silahkan pilih menu redirect pada cpanel seperti pada gambar.
    email-webmail-5
  7. Kemudian dimenu redirect anda harus membuat redirect dimana pada tutorial ini saya menggunakan alamat http://shehoster.pw/imel yang akan saya arahkan ke roundcube email. Sehingga kita untuk mengakses email kita bisa langsung mengakses alamat shehoster.pw/imel tanpa perlu mengetik alamat login email yang panjang dan tidak lagi dihadapkan seperti langkah no.3. Dimana kita mengakses dengan domainanda.com:2095 hanya jika akan melakukan setting webmail.
    email-webmail-6Jika sudah mengisi seperti digambar anda bisa klik add dan anda bisa langsung mengakses email dengan cukup mudah seperti pada contoh shehoster.pw/imel I

Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat, jika anda menemui kendala jangan sungkan untuk menghubingi kami.

Related Posts:

  • No Related Posts

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.